Rabu, 07 Januari 2015

Tahu bakso ayamku by. Bagus Budi Muzammeel


Tahu bakso ayamku
by. Bagus Budi Muzammeel


Ada yg suka Tahu bakso?? Nah ini salah satu kesukaan mamaku, makanya aku buat banyak biar puas deh nyemilnya 

Tahu bakso ini mau dimakan hangat enak mau dingin juga enak bunda. Kalau yg biasanya sy temui dijual sm saos sambal perbijinya mulai 1500 sampai 2000 nah kalau utk pangsit cocok juga intinya bisa melengkapi makanan semacam bakso 
Kalau mau dijual untungnya bisa banyak skali bunda. Modal sekitar 60-70 rb bisa jadi 80 tahu bakso ukuran standar. Kalau dijual 1500/ 2000 keuntungannya bs lebih banyak dari modalnya bun tapi saya beli bahannya mengikuti harga di daerah saya ya bun. Smga bs jadi berkah utk bunda yg mencoba jualan 

Bahan: 40 buah tahu, saya pakai tahu yg panjang. Saya bagi 1tahu menjadi 2bagian jadi total ada 80 tahu ya bunda. Lalu digoreng garing dan iris bagian tengahnya hingga membentuk kantung - 1kg daging dada ayam lalu giling/ choper atau blender - 500 gram tepung sagu - 3 butir telur ayam ukuran besar - 1 bungkus bawang goreng (optional ) Bumbu, haluskan: - 8 siung bawang putih - 5 siung bawang merah - 1 1/2 sendok teh merica butiran - 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk - 1 sendok makan garam (sesuai selera) Cara campur atau blender bahan dan daging ayam tadi jgn lupa beri es batu ya bun. Kalau sudah cukup halus siap diisikan dalam tahu yg telah disobek tadi. Isi hingga penuh lalu kukus 30menit. Siap disajikan smoga cocok bunda NB : lebih nikmat pakai daging sapi, ikan tenggiri juga bisa bun
-  : resep sy memang pakai daging ayam bunda. Kalau aslinya daging sapi, bagi yg suka ikan bisa diganti dengan tengiri bun tp karna saya suka ayam jd pakai bahan dasar ayam bunda 
kalau saya cm pake segelas es batu bun ga usah banyak2 bun perbandingan adonannya aja bun dikira2 1/3 bagiannya lah bun
utk daging sapi sprtinya memang ga dicuci bun, kalau dicuci gabisa jadi adonan bun, saudara sy pernah buat pas dicuci dan gagal, kalau ga dicuci sukses terus bun 
tahu sumedang lebih maknyus lagi bun hehehe  tahu apa aja enak asal jgn terlalu tebal tahunya bun takutnya kalau sudah diisi bakso setelah dikukus jadi guendut2 bun tahu baksonya hehehe
setau saya bun fungsi es batu pada proses pembuatan dagingnya sbg pengenyal, sbg anti bakteri, penurun panas saat adonan diblender/giling dan sbg pelarut adonannya bun cmiiw ya bun yang pasti kalau tanpa es batu pernah saya coba kurang kenyal bun. Saya tidak pakai bahan pengenyal atau pengembang bun, cukup bahan yg sudah sy sebut tadi sudah maknyus rasanya, mungkin utk selera gurih asinnya bisa di tambah atau kurangin sndiri bun 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.