Sabtu, 15 Agustus 2015

Keju Mozarella KW (Homemade) By: Liza Rezeki Dosinta



Keju Mozarella
Postingan Putri Yanet

Keju Mozarella ku bunsay bunsay, akhirnya kesampaian juga punya Keju Mozarella di kulkas hehe ^^ walau homemade/KW. Aku pakai resepnya Bunda Liza Rezeki, thanks bunda

Keju Mozarella KW (Homemade)
By: Liza Rezeki Dosinta


Bahan:
Keju Cheddar 1 batang (175gr), masukkan freezer selama 24jam
SKM 2 sachet
2 Susu bantal Real Good rasa Sweet Cheese (2x150ml)
3sdm tepung maizena
1 bungkus Nutrijel Plain
1/2 sdt garam

Cara Buat: 
1. Parut keju beku daru freezer agar parutan menjadi sangat halus.
2. Sebelum api dihidupkan, masukkan keju, susu, garam, nutrijel, larutan maizena ke dalam panci. 
3.masak dengan api kecil sambil diaduk hingga rata dengan api kecil. Lakukan sampai kental dan agak kalis.
4. Tuang ke wadah atau cetakan.


Tips.
1.Kalau mau murah, bisa pakai merk Meg. Toh nanti dicampur2 juga
2. Kalau tidak suka manis, SKM cukup 1 saja dan kalau pakai UHT pakai yang lowfat

3. Susu bantal real good sweetcheese agak susah dicari, sifatnya optional. Lebih sehat pakai UHT lowfat
4. Kalau suka asin/gurih, garam bisa ditambah
5. Keju dari freezer tidak harus diparut, dipotong2 kecil juga bisa kok

Semoga bermanfaat ^^

Kamis, 06 Agustus 2015

3 Macam Bumbu Dasar by.Javana Lim


3 Macam Bumbu Dasar
by.Javana Lim

Yang mau stockk bumbu2 .. ini ada resepnya .. bisa tahan lama

Selasa, 04 Agustus 2015

Ayam goreng KFC Crispy Renyah dan gurih. by. Taufik Hidayat



Ayam goreng KFC Crispy Renyah dan gurih.
by. Taufik Hidayat

Ini resep untuk partai besar (untuk jualan)
Bahan2 kering :
Bubuk merica 1/4 kg
Bubuk cabai 1/4 kg
Garam 1/5 kg
Royco rasa ayam 1/4
Mecin (penyedap rasa) 1/4 kg
Susu bubuk 1/4 kg
Cat : untuk mecin, dan royco bisa di skip jika ibu2 kurang minat dgn bumbu penyedap tsb, boleh di ganti dgn penyedap rasa yg lain.
Bahan2 kering, semua di aduk jadi satu sampai rata dan Tempatkan dalam toples.
Bumbu basah :
Bawang putih, 1/4
Bawang merah 10 siung
Merica bubuk 5 sachet.
Bahan2 tadi di blender, masukin ke kulkas.
Cara membuatnya.
Siapkan air buat bumbu basahnya dalam baskom kecil.
Kasih 2 sendok makan penuh bumbu basah.
Baking soda setengah sendok teh.
Garam 1 sendok makan.
Aduk sampai larut semuanya.
Masukin ayam beberapa potong dan diamkan.
Buat adonan tepung bumbu :
Siapkan tepung segitiga biru.
Tiap 1 kg tepung bumbu di beri 2 atau 3 sendok makan bumbu yg sdh jadi tadi. Aduk sampai rata.
Jadilah tepung bumbu.
Ayam yg tadi di rendam dalam air bumbu basah, tiriskan, masukin ke tepung bumbu. Aduk dgn memutar tangan kita berlawanan dgn arah jarum jam.
Tepuk2 ayam, masukin ke dalam adonan basah. Tiriskan, masukin ke dalam tepung, dan lakukan dgn cara yg sama sampai 3 kali,
Ketika di adonan yg terakhir, diamkan sebentar ayam di dalam tepung dan tutupi ayam tsb dgn tepung. Sekitar 1 atau 2 menit.
Mulai aduk lagi dgn memutar adonan sampai di rasa tebal dan menggembel tepungnya.
Tepuk2 sedikit dan masukin ke dalam minyak yg penuh, dan panas,
Kalo panasnya minyaknya bagus tepung akan langsung mengembang keriting sempurna.
Angkat kalo sudah agak kecoklatan.
Semoga bermanfaat ya bu.
Ini resep dari saya kiki emoticon

Peking Duck by. Ibnu K Hartono








Peking Duck
by. Ibnu K Hartono

Coba Sharing... Hasil Belajar, Peking_Duck‬,... Walau belum Maksimal.. Dan masih ada bahan yg tdk tersedia di dapur alias kehabisan....😀
--------------------------
1 Ekor Peking Duck, 1.7kg... bukan bebek lokal yaaaa (tersedia di Lotte Mart)
Digantung menggunakan kawat stainless seperti di Foto atas
Bahan dalaman Bebek
3 Sendok Lada putih Halus
1 telunjuk Jahe
4 Sdm Garam
3 Sdm Hoisin Sauce
Masukan ke dalam bebek hingga Rata, dan ditutup/kunci menggunakan tusukan Sate... Pastikan tidak Bocor...
Bahan Siraman 1
2 gayung Air, Didihkan
Masukan
10 Star Anise
1 Jempol besar Jahe
3 lembar kulit jeruk kering
1 buah lemon, diperas airnya
5 sdm Cuka meja
5 sdm garam
3 Sendok Hoisin Sauce
Masukan, aduk2 hingga mendidih dan berubah warna dan Harum.
Bahan Siraman 2
3 Gelas air mendidih, masukan:
1 Cup Maltose (Maltos itu sama dengan Molasses atau gula murni yg sangat Kental...)
5 sm madu
1 Jempol Jahe
1 Lembar kulit Jeruk Kering
Cara:
Pegang gantungan bebek... Masukan ke siraman 1 selama 10 - 15 menit... Bolak balik... Sambil di Siram2.... Setelah selesai Gantung bebek Hingga Kering.
Setelah bebek Kering, lakukan step pada siraman 2.. Dgn proses yg sama diatas.
Gantung Bebek hingga 4-7 Jam
Gantung bebek di dalam Oven dgn menggunakan Api sedang kecil selama 1jam 45 Menit... Pastikan bebek bergantung pada saat peng-oven-an... Usahakan suhu stabil dan tidak membuka tutup Oven.
Selamat Mencoba!... 😀

NB: 
Kalo pake bebek lokal... Texture Dagingnya beda... Bisa Alot... Beda genetic Bu... Seperti ayam broiler dan ayam kampung perbedaanya... Hehehee
Proses harus digantung... Agar lemak dan minyak dari bebek menetes... Proses sperti itu agar bau bebeknya tidak terlalu... Apabila di Grill atau roast mendatar... Meninggalkan bau bebek sedikit agak Amis... 😀
-  Maltose ada di swalayan yg cukup lengkap untuk masakan... Bisa juga menggunakan jelly mellow... Tapi warna tidak maksimal... Seperti diatas... Sy kehabisan Maltose . Maltose itu dari proses gula Murni seblum mengkristal... Dijual di Swalayan2... Sangat kental...ada dua macam.... Warna bening dan kecoklatan emas... Ke 2 2 nya sama bisa digunakan

Betul soft, moist, juicy, tender... Dihidangkan dgn Kulit lumpia, irisian zuchini, Bengkoang, daun bawang... Taruh diatas kulit lumpia sama daging bebenya... Pake oishin sauce.., lipat seperti lumpia... Trus Hap... 😀😀😀😀


======================================================================================

Komentar:
Jeff Hasan:
 ini nmany; grill duck / rosted duck ,ala hongkong food style maknan khas hongkong.
Super gampang bikin.
Cuma d panggang bebeknya d lumuri kecap item dlu d toko cina.

Dlam nya d kasih bawang besar cincang + kayu manis +
rempah wewangian + duck saose.
Pantat bebek d jahit biar rempah gk kluar wktu manggang.
Klo dah mateng penyajian. Makanya siram madu / saos:madu campur jeruk nipiis & gula (sweat & souar)


Kamis, 23 Juli 2015

Sop Ayam Klaten by.Indria Ummu Aisha Naura



Bismillaah..
Sop Klaten ini seger Bund, buat menu makan siang, bikinnya mudah, dan lumayan lah buat saya yg lg pingin makan di warung Sop Ayam Pak M*n Klaten. Alhamdulilaah...
Sebenarnya sy cari resepny di google, tp ada yg saya kurangi dan sy tambah.

Sop Ayam Klaten
by.Indria Ummu Aisha Naura

 Resepnya:
1 ekor ayam kampung
1 batang bawang daun tali simpul

2 batang daun sledri tali simpul
1 batang kayu manis dg panjang 5cm an
1 batang sereh digeprek
1 ruas laos digeprek
3 daun salam
1 ruas jahe digeprek
1 sdt lada bubuk
Gula pasir, garam secukupnya
Penyedap rasa (bila suka)

Bumbu halusnya
2 butir kemiri
4 butir bawang putih

Pelengkapnya
Sambal (rebusan cabe dan bawang yg diuleg tambah sedikit kuah sop)
Jeruk nipis
Irisan sledri
Bawang merah goreng

Cara memasaknya
- Rebus air (kira2 bisa untuk merendam ayamnya). Setelah mendidih baru masukkan ayam sekitar 15 menit. Angkat. Sisihkan.
- Siapkan dlm panci lain sedikit air yg baru, rebus. Lalu pindahkan ayam yg tadi di rebus. Air rebusan yg pertama tadi dituang di rebusan kedua sambil disaring, agar darahnya ngga ikut dimasak.
- Masukkan bawang daun, sledri, jahe,sereh,salam, laos, kayu manis, lada, gula pasir, garam dan penyedap ..
- Tumis bumbu halus sampai wangi. Tambahkan kuah ayam. Rebus sebentar di wajan.
- Masukkan rebusan bumbu halusnya dg disaring untuk mendapatkan kuah sop yang bening.
- Masak hingga ayam empuk
- Sop ayam siap dihidangkan dengan pelengkap.
-Selamat mencoba..

Timun isi Udang by.Amey Maylhiana




Timun isi Udang
by.Amey Maylhiana

 Bahan 
timun bisa 
Udang 

Wortel
Bawang daun 
Seledri 

Bumbu 
Garam 
Pemyedap 
Kecap asin 
Kecap manis 

Cara masak 
Kupas timus dan potong buang biji 
UDang di kupas kulit dan haluskan 
Wortel,bawang daun seledri cincang dan campur dengan udang tambahkan garam penyedap rasa setelah rata tercampur isi lubang timun dan tata di piring tambahkan kecap asin dan manis secukupnya dan kukus 10-15menit hingga timun lunak

Tumis 3 Sayur by.Amey Maylhiana


Tumis 3 Sayur
by.Amey Maylhiana

 Bahan 

Kol (di iris )

Wortel (iris)
Buncis/kacang kapri muda (iris) 

Bumbu 
Bawang putih 2siung (cincang) 
Garam 
Penyedap Rasa
Lada putih 

Tumis bawang putih yg sudah di cincang lalu masukan sayuran yg sudah di iris dan di cuci bersih kasih garam lada penyedap rasa masak nya sesuai selera mau setengah matang apa sampe masak

Ikan Kuah Merah by. Amey Maylhiana



Ikan Kuah Merah
by. Amey Maylhiana


 -1 kg ikan (bisa ikan apa aja )
- Air putih: 400 mililiter.
- Mentega atau margarin: secukupnya untuk menumis.

- Minyak sayur: secukupnya untuk menggoreng.

Bumbu merah, dihaluskan:
- Bawang merah: 30 siung.
- Bawang putih: 10 siung.
- Cabai merah keriting: 10 buah, buang bijinya.
- Cabai merah besar: 10 buah, buang bijinya.
- Terasi: 2 sendok makan, bakar.
-tomat 2 buah 1buah di haluskan 1buah di potong 
Bumbu pelengkap:
- Garam: secukupnya.
- Gula pasir: secukupnya.
- Gula merah: 0,5 sendok teh disisir.
- Lada putih bubuk: secukupnya.

Bahan pelengkap:
- Bawang merah goreng.
- Air jeruk nipis.

-cara tumis bumbu yg sudah di haluskan setelah bumbu tercium wangi dan masukan air tunggu mendidih masukan ikan dan tunggu sampai ikannya matang ga usak di bulak balik nanti ikannua ancur nah kalo sayur yg ijo sich itu asal aja nemu di kulkas tak masukin aja hehehehe

Cumi Balado by.Amey Maylhiana


Cumi Balado
by.Amey Maylhiana 


Bahan Utama :

300 gr cumi segar

daun jeruk 2 lembar
minyak goreng secukupnya
air secukupnya

Bumbu yang ditumbuk :

2 buah cabe merah
belimbing sayur 2 buah
1/2 sendok teh garam halus
1 sendok teh gula pasir
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah tomat merah
1/2 sendok teh penyedap rasa
Cara Membuat Cumi Balado :

Buang kantung tinta hitam pada cumi lalu dicuci dengan air sampai bersih, tiriskan
Panas minyak secukupnya lalu goreng cumi yang sudah bersih sampai setengah matang saja, angkat tiriskan
Tumis bumbu yang ditumbuk dengan sedikit minyak lalu masukkan daun jeruk, aduk hingga harum
Tuang sedikit air dan biarkan hingga mendidih
Masukkan cumi yang sudah digoreng kedalam bumbu tumis, aduk hingga merata
Tunggu sampai cumi benar-benar matang hingga bumbu meresap
Siapkan nasi putih diatas piring saji lalu tuang cumi balado keatasnya
Cumi balado siap untuk dinikmati

Cumi Paprika by.Amey Maylhiana


Cumi Paprika
by.Amey Maylhiana 

Bahan 
Cumi 
Paprika merah 

Paprika hijau
Paprika kuning 

Bumbu 
Bawang merah 2siung 
Bawang putih 2siung 
Garam 
Penyedap 
Lada putih 

Potong semua paprika sesuai selera dan cumi yg sudah di bersihkan 

Cincang bawang merah bawang putih (kalo punyaku ga pake bWang merah) tumis bawang yg sudah di cincang masukan cumi dan paprika kasih garam dan penyedap rasa lada juga secukupnya kasih air secukupnya.....

Sayap Ayam isi sayur by.Amey Maylhiana




Sayap Ayam isi sayur
by.Amey Maylhiana 


 Ini aq belajar waktu kerja di singapore 

Resepnya 

Sayap ayam buang tulang dan ganti sama wortel, timun, jamur, paprika merah,paprika hijau, 

sayuranya terlebih dahulu taburi garam atau masako, kasih lada secukupnya 
terus panggang dengan api kecil olesi margarin sebelum di panggang