Jumat, 02 Januari 2015

ROTI MARYAM by.Jhea Syamsudin

ROTI MARYAM
by.Jhea Syamsudin


Sore buntik..numpang setor roti maryam nih..resep aku ambil di google,,untuk eksekusi pertama berhasil bun.. 

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr margarin / butter/ samin
1 1/2 sdt garam
200 ml air
2 btr telur
100 ml minyak goreng untuk celupan
80 ml minyak goreng untuk adonan
Cara Membuat Roti Maryam :
Langkah pertama, aduk bahan utama tepung, telur garam dan air untuk diuleni sambil sedikit dibanting-banting hingga adonan kalis dan terasa lembut.
Langkah kedua, bulatkan adonan dan letakkan didalam baskom kering. Setelah itu, tutup dengan menggunakan plastik/serbet bersih, dan diamkan kurang lebih hingga 1-2 jam. Hal Ini dilakukan agar adonan melunak.
Langkah ketiga, Potong-potong adonan dan timbang seberat 50 gram, kemudian bentuk menjadi bulatan. Setelah itu diamkan kira-kira selama 20 menit, Kemudian tipiskan adonan dengan menggunakan tangan dan bentangkan hingga benar-benar terlihat tipis (persis seperti ketika membuat martabak) di atas meja yang sebelumnya telah diolesi dengan minyak. Kemudian, perciki adonan dengan samin atau mentega cair. Lalu gulung dan satukan kedua ujungnya, setelah itu adonan dimasukkan dalam lemari es kurang lebih selama 10 menit.
Selanjutnya, pipihkan adonan satu persatu. Kemudian panaskan sedikit dengan menggunakan minyak goreng dan minyak samin di wajan datar/teflon.
Terakhir, goreng adonan dengan api takaran kecil satu per satu sambil disiram-siram hingga matang. Setelah itu angkat dan kue maryam buatan anda siap untuk disajikan.
Note : Agar lebih nikmat, sajikan roti maryam dengan cocolan saus atau kuah kari. Bagi anda yang suka manis, bisa disajikan dengan memggunakan keju parut dan susu kental manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.