Rabu, 25 Maret 2015

Tips membentuk Hiasan Coklat by.Dream-a Neng Goeland‎



Tips membentuk Hiasan Coklat
by.Dream-a Neng Goeland‎

Pilih cokelat berkualitas baik untuk mendapatkan hasil dekorasi yang bagus. Kualitas yang baik tentu dibarengi dengan harga yang pantas.
-Untuk membuat hiasan dari cokelat leleh, lakukan di tempat yang sejuk. Hindari memegang cokelat terlalu banyak.

-Potong-potong cokelat sebelum ditim. Potongan yang terlalu besar akan menyebabkan lelehan cokelat tidak rata dan berbutir.
- Tim cokelat dengan air panas bukan di atas air mendidih. Caranya, masak air hingga mendidih, angkat. Letakkan panci kedua yang berisi potongan cokelat di atas air panas, aduk hingga meleleh. Pastikan panci dan alat yang digunakan dalam kondisi kering, karena air akan menyebabkan cokelat menggumpal.
- Karena kandungan lemak cokelat putih lebih tinggi, cara melelehkannya harus ekstra hati-hati dibandingkan cokelat pekat. Sedikit terkena air, cokelat putih lebih cepat pecah dan menggumpal. Cokelat putih tidak perlu ditim di atas air mendidih. Cukup rendam mangkuk berisi potongan cokelat putih dalam air suam-suam kuku, lalu aduk hingga meleleh.
- Jangan pernah menambahkan mentega atau margarin saat melelehkan cokelat. Meski hasil tampilan cokelat lebih licin namun lelehan cokelat lebih sulit membeku.
- Ganache cokelat adalah krim cokelat kental yang gurih untuk melapisi atau mengisi cake. Untuk tekstur yang lebih lembut, kocok krim hingga berbuih.

# Untuk membuat cokelat moulding yang digunakan sebagai hiasan dinding tart atau juga hiasan berdiri pada tart, cupcake, puding gelas, tiramisu dan lain-lain. Caranya, lelehkan cokelat, tuang coklat leleh pada kertas roti ataupun plastik mika, buat bentuk sesuai kreatifitas, bisa bentuk marmer, polkadot, garis-garis, zigzag, dan lainnya. Lalu masukkan dalam freezer hingga cokelat membeku. Setelah beku, patah-patahkan cokelat secara acak. Bila menghendaki bentuk yg teratur, potong cokelat lembaran ini dengan pisau panas (celupkan pisau pada air panas, angkat, lap, langsung gunakan untuk memotong).

Bila ingin membuat hiasan cokelat bentuk mawar, tuang coklat leleh agak tebal pada kertas roti atau plastik. Masukkan dalam freezer hingga cokelat membeku. Lalu keruk melengkung dengan menggunakan scrapper hingga didapat kelopak mawar, buat beberapa kelopak, lalu susun hingga terbentuk rangkaian menyerupai kelopak mawar.

#Untuk membuat cokelat serut bentuk bulat, taruh cokelat dalam suhu ruang hingga teksturnya tidak terlalu keras. Dengan bantuan sendok buah, keruk cokelat hingga terbentuk seperti bulatan-bulatan kecil. Masukkan dalam freezer hingga cokelat model membeku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.