Rabu, 04 Maret 2015

Masalah dan Penyebab Cake Gagal by. Chef Anton

Masalah dan Penyebab Cake Gagal
 by. Chef Anton

     Bisa dilihat dari bahan-bahan yang tidak sesuai takaran serta proses pembuatan yang salah. Kelebihan penggunaan tepung misalnya, atau adonan tidak merata bisa menjadi salah satu penyebab cake gagal. Masalah cake yang keras dan terbelah bisa dilihat dari penggunaan terigu yang terlalu banyak, pemakaian telur tidak seimbang hingga penggunaan gula yang kurang. Bagi Anda yang mengalami cake mengembang di oven tetapi mengerut ketika keluar, itu penyebabnya bisa dari jumlah tepung kurang banyak.
Cake yang memiliki warna bagus pasti akan mengundang seseorang untuk mecicipinya, tetapi bagaimana jika buatan Anda malah bewarna pucat? Itu berarti jumlah penggunaan gula kurang. Bagaimana dengan cake yang gosong sementara bagian tengah belum matang, kemungkinan jumlah gula terlalu banyak. Kue yang bantat, terlalu basah, dan berkulit tebal bisa disebabkan oleh lemaknya terlalu banyak, waktu pengocokkan tidak tepat juga terlalu lama.Masalah cake gagal berlubang-lubang karena pada saat gelembung udara belum hilang tepung sudah Anda masukkan ke dalam kocokkan telur. Jika pada bagian bawah kue terbentuk lapisan kuning tebal yang keras, berarti margarin tidak teraduk secara merata.
Masalah cake gagal bisa diperhatikan dari kualitas margarin yang Anda gunakan. Jika cake terlalu cair dan cake gelembung di tengah, mungkin pengocokkan yang Anda lakukan sangat lama, lalu di tambah pemanasan oven tidak merata dan terlalu panas. Namun jika cake cekung di tengah berarti tepung kurang seimbang dengan jumlah cairan.Masalah dan penyebab cake gagal harus diketahui agar Anda bisa menikmati hasil kreasi dengan keluarga tercinta di rumah.


Tips ini dibuat oleh H. Anton Pradipta, selaku Executive Chef di GRAND ROYAL PANGHEGAR Bandung.