Senin, 12 Januari 2015

Lontong majic com/ Ketupat. + Resep Ketoprak & Gado2 by.Ike Gusrirawati‎


Lontong majic com/ Ketupat by.Ike Gusrirawati‎

Lontong majic com tp sy bilangnya ketupat coz tekstur nya lbh mirip ketupat. Yg sy aplikasikan kedlm 2 makanan yg serupa tp tak sm ini. Tau ini apa dong bun? Ms ga tau? Yuk... tebak2an dl hehe...
Lontong majic com ala dewi ummu hayyan

bahan 2 cup beras, cuci bersih 2 sdm minyak goreng 2 sdt air kapur sirih 6 cup air

cara buat Masukkan semua bahan kedlm majic com, masak spt masak nasi. Begitu tombol cook naik ke tombol warm, segera keluarkan dr majic com. Tuang keloyang atau wadah yg datar. Tekan2 spy rata. Tgg smp mengeras. Keluarkan dr loyang, ll potong2 sesuai selera.
Loyang bs dilapis plastik spy lontong mudah dikeluarkan. Klo udh dipotong2 simpan dlm wadah tertutup atau masukkan kembali kedlm majic com agar ttp hangat.

NB:
- Larutkan kapur sirih dng air matang, spt menyeduh kopi. Biarkan kapur sirih mengendap, spt yg ditunjuk. Ambil air ny sesuai resep

Klo dikupang, kapur sirih dikemas ky gini. Ad dijual ditkng sayur dipasar tradisional. Klo ga pake kapur sirih nanti jdnya bubur bkn lontong. Kapur sirih sbg pengikat nasi biar saling menempel dan kenyal


===========================================================
Ketoprak 

Bahan 
Ketupat
Bihun, direbus atau rendam dlm air panas 
Toge, dikukus 
Tahu, digoreng 
Mentimun 
Kerupuk 

Bahan sambal kacang 
Kacang tanah, digoreng 
Cabe 
Gula merah 
Bawang putih sesuai selera, bs diskip 
Air secukupnya 
Garam secukupnya 

Cara buat 
Uleg cabe, garam, bawang putih. Masukkan kacang tanah, uleg smp halus. Tambahkan gula merah, uleg lg. Beri air sambil diuleg. Jng tll encer.

Penyajian 
Pindahkan bumbu kacang kedlm piring. Masukkan tahu, ketupat, toge, bihun, mentimun. 
Beri kecap sesuai selera. Tambahkan kerupuk. 
Sajikan
=====================================
Gado-gado 

Bahan 
Tahu goreng 
Tempe goreng 
Mentimun 
Kangkung 
Toge 
Kacang panjang 
Labu siam 
Kol atau kubis 
Telor rebus 
Kerupuk 
Semua sayuran dipotong2, kemudian kukus sebentar kecuali mentimun ga perlu dikukus. 

Bahan saus kacang 
Cabe 
Terasi goreng 
Air asam secukupnya 
Garam secukupnya 
Kacang tanah goreng 
Gula merah 
Air matang secukupnya 

Cara buat 
Uleg cabe, terasi, garam. Masukkan kacang tanah goreng, uleg smp halus. Tambahkan air asam 1/2sdt, uleg lg. Masukkan gula merah secukupnya, klo bs jng tll bnyk nanti jd manis. Uleg lg. Tambahkan air matang secukupnya, uleg smp rata. Jng tll encer. 

Penyajian 
Susun tempe, tahu, mentimun, ketupat yg udh dipotong2. 
Tambahkan toge, kangkung, kacang pjng (potong2 pendek), labu siam (potong kecil2), kol (diiris). Siram dng saus kacang. Tambahkan telor rebus (belah 2), kecap dan kerupuk. 
Sajikan