Senin, 12 Januari 2015

Kastengel Renyah by.Ayie Yunanda‎



Kastengel Renyah
by.Ayie Yunanda‎

Bunda2 walaupun bukan hari perayaan, alhamdulillah permintaan kastengel tetap ada aja,ini foto kastengel hasil bikinan saya yg udh ludes kejual, mau ikutan belajar? kebetulan saya lg bikin nih, nanti saya kasih tau resep dan caranya yah..Hatur nuhun

Ini resep yg biasa saya pakai.

KASTENGEL

Bahan :

1. 200 gr Butter asin - salted butter ( bisa Wysman / Orchid / Anchor )
2. 100gr mentega / margarin ( saya pakai Blue band krn lbh asin dari mentega lainnya.
3. 3 butir kuning telur.
4. Siapkan 450gr tepung terigu protein rendah atau bisa jg tepung segitiga biru.
5. 50gr susu bubuk full cream
6. 50 gr tepung maizena
7. 250gr- 300gr keju parut halus ( saya pakai keju edam / keju apel)

Olesan : siapkan 3 kuning telur di kocok lepas bersama dgn mentega cair dingin suhu ruang.

Taburan : Siapkan 2 kotak keju cheddar ( saya pakai craft )

Cara membuatnya :

1 Sangrai tepung terigu dengan maizena ( wajib ) dengan api kecil lalu ayak...Parut halus keju, sisihkan sebentar

2. Campur Butter + mentega lalu aduk searah jarum jam dgn menggunakan kocokan telur sampai tercampur atau dengan mixer selama 1 menit.

3. Masukkan kuning telur satu persatu, lalu aduk sebentar, masukkan lagi dan lakukan sampai telur habis dan tercampur rata.

4. Masukkan keju parut sedikit lalu aduk lagi.

5. Masukkan tepung sedikit dulu lalu aduk

6. Masukkan keju parutnya aduk lagi.

7. Lakukan memasukkan tepung dan keju, sampai adonan menjadi kenyal, tidak lengket di tangan.

8. Lelehkan mentega lalu biarkan dingin suhu udara, setelah dingin campurkan ke kuning telur, kocok lepas lanjutkan dgn memarut panjang keju cheddar.

9. Siapkan plastik bening, gilingan kayu , cetakan kastengel lalu mulailah mencetak.

10. Tata adonan kastengel yg sudah di cetak ke dalam loyang yg telah di olesi mentega.

11. Oles bagian atas adonan cetak dgn kuning telur, lalu taburi dgn keju parut.

12. Panggang di suhu 100 derajat c ( oven biasa ),

13. Kalau sudah matang angkat kastengel dari loyang dan dinginkan di suhu ruang .

Itu dulu ya bunda2, saya lanjutin manggang dulu, habis selesai saya upload foto2 cara membuatnya..okeh...back to my oven...hatur nuhun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.