Jumat, 26 Desember 2014

Pindang Gombyang, Sajian yang Menggugah Selera

Pindang Gombyang, Sajian yang Menggugah Selera

Kepala ikan yang biasanya terbuang, ternyata sangat nikmat untuk dikonsumsi. Di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kepala ikan Manyung diolah dengan racikan rempah-rempah, menjadi menu kuliner, sejenis gule kepala ikan, yang lebih dikenal dengan sebutan Pindang Gombyang. Jika dibandingkan dengan olahan ikan lain di nusantara, rasanya tidak jauh beda dengan asam pade di Palembang.

Tidak semua kepala ikan bisa dibuat masakan ini. Selain kepala ikan Manyung, ternyata kepala ikan Hiu juga bisa dibuat untuk sajian yang satu ini.

Pindang Gombyang diracik dengan menggunakan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, bawang merah dan bawang putih serta sejumlah bumbu rahasia. Sebagai penghilang bau amis, digunakan belimbing wuluh, sehingga rasanya menjadi asam dan pedas.

Jika anda ingin mencobanya di rumah makan/resto, untuk satu porsi kepala ikan, lengkap dengan nasi dan lalapannya, hanya dikenakan sekitar Rp. 15.000,-. Sajian kuliner seperti ini banyak disediakan disekitar pantai utara Indramayu, salah satunya dekat pantai Karangsong.

Jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah, mungkin bisa mencoba resep di bawah ini :

Bahan:

Kepala ikan Manyung
1,5 butir kelapa
cabe merah
bawang merah
bawang putih
daun salam
jahe
sereh
laos(lengkuas)
kunyit
temu kunci
6 atau 7 butir kemiri
asam muda
garam
gula pasir
Cara Membuat :

Kemiri dan sebagian kunyit di ulek. Bumbu-bumbu lain diiris tipis-tipis campurkan, lalu ditumis. Buatlah santan kental dan encer. Godoklah santan encer dengan bumbu yang telah ditumis tadi. Kalau sudah mulai mendidih, masukanlah asam muda dan apabila sudah mulai empuk, angkatlah dari godokan tadi lalu ditumbuk dan diambil airnya. Masukkan air asam tersebut ke dalam godokan tadi, tambahkan santan kentalnya. Cicipilah, rasanya harus asam. Tumislah kepala ikan manyung dan campurkan ke dalam kuahnya. Masak sampai matang.

Anda mau mencobanya? … hmmm

sumber : berbagai sumber