Rabu, 31 Desember 2014

Keripik usus ayam by.Aurie Febrian




Keripik usus ayam
by.Aurie Febrian 


Siang ini bikin keripik usus ayam buntikk,nostalgia cemilan masa SMA dulu,karena disini ngga ada yg jual jd nyoba bikin sendiri dehh,dan hasilnya memuaskan bgt,kriukk kriukk gurihh...

Resep:
½kg usus ayam bersihkan sampai bnr² bersih lalu rebus sebentar dgn sedikit garam,daun salam dan seruas jahe biar ngga amis,lalu potong² sepanjang telunjuk,sisihkan.
250gr tepung beras
100gr tepung maizena
½sdt soda kue
Air kira² 1gelas,kalo kurang cair bs ditambah.
Bumbu halus:
1bonggol bawang putih
1sdt merica
3sdm ketumbar
Garam+penyedap rasa secukupnya.
Carbut:
Panaskan minyak yg banyak dgn api sedang
Dalam wadah campur tepung beras,maizena,soda kue,bumbu halus,garam+penyedap dan air,aduk rata(adonan agak cair ya bund),masukkan potongan usus,aduk² hingga usus terbalur rata dgn adonan tepung,setelah minyak panas,masukan usus 1per1 sampai permukaan wajan penuh dgn usus lalu goreng sambil sering dibolak balik agar usus garing di semua sisi,setelah usus berwarna kuning keemasan angkat,tiriskan diatas tisue. Setelah dingin simpan dlm wadah kedap udara agar keripik tetap renyah..