Rabu, 04 Maret 2015

Strawberry Japannesse Cheese Cake By : heny's kitchen




Alhamdulillah berhasil kali ini bun bikin CCC (Chedar Cheese Cake). CCC ini adalah versi murahnya JCC (Japannesse Cheese Cake) karena susah nyari cream cheesenya akhirnya nemu resep yg pake cream cheese homemade. Tehnik memanggangnya pun juga sama dengan cara au bain marrie (memanggang dengan wadah berisi air). Teksturnya lembut bgt dan ngejuu bgt bun sampe merem melek pas makannya grin emoticon bener2 beda banget tekturnya sm bolu biasa.

Strawberry Japannesse Cheese Cake
By : heny's kitchen
Susu Cair 130 ml
Butter 40 gram
Keju Cheddar 125 gram
Tepung Terigu Protein Sedang 20 gram
Tepung Maizena 15 gram
Kuning Telur 3 butir
Vanilla bubuk 2 sendok teh
Putih Telur 3 butir
Gula Pasir 85 gram
Air Jeruk lemon 1 sendok teh
Olesan :
Selai strawbery
1 sdm gulpas
2 sdm air
Irisan buah strawbery
Carbut olesan : campur semua bahan dan masak sebentar
Cara membuat cake
1 Panaskan oven 160’C . Siapkan loyang, oles dengan margarin dan beri alas kertas roti. Oles tipis kembali dan sisihkan. Apabila memakai loyang dengan sambungan, bungkus dasar loyang dengan alununium foil agar air tidak merembes masuk ke dalam adonan.
2 Tim susu cair, butter dan keju hingga keju larut. Hasil adonan ini akan kental (CREAM CHEESE homemade)
3 Selagi adonan keju asih hangat, masukkan tepung terigu dan tepung maizena bersamaan, Aduk rata menggunakan whisker. Hasilnya kental.
4 Masukkan kuning telur beserta vanilli bubuk dan air lemon. Aduk dengan whisker dan hasil nya akan kental.
5 Di wadah yang bersih dan kering, kocok putih telur hingga berbusa. Masukkan gula sedikit demi sedikit. Kocok hingga SOFT PEAK (kocokan telur sudah mengembang namun masih lembut dan creamy)
6 Ambil 1/3 bagian adonan putih telur, tuang ke adonan keju. Aduk balik hingga rata dan tuang kembali ke dalam sisa adonan putih telur. Aduk balik hingga rata (jangan terlalu lama mengaduk ya).
7 Tuang adonan ke dalam loyang dan letakkan loyang adonan ini ke dalam loyang pendek yang sudah berisi air panas (tehnik au bain marie). Oven selama 50-75 menit hingga matang dan permukaannya berwarna kecoklatan.
8 Keluarkan dari oven, biarkan hangat dan balik di atas serbet bersih. Dinginkan dan siap dihias dengan olesan. Masukkan ke dalam kulkas minimal 1 jam, siap dipotong.


NB : tehnik au bain marie 
seperti ini tehnik au bain marie. Loyang kotak berisi air dengan tinggi kurleb 2 cm, masukkan ke oven, panaskan oven. Setelah oven panas baru masukkan loyang berisi adonan (ini tehnik au bain marie)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.