Rabu, 28 Januari 2015

Siomay by.Musrifah Ajah


Siomay ala abang2
by.Musrifah Ajah 

Siomay ala abang2 yg keliling pake gerobak bunsay... 
Bikinnya sesuka hati, tp rasanya spektakuler....


Siomay ini sy buat ala kadarnya bunsay, tp bumbu kacang nya enak banget...
Resepnya
250gr ikan giling boleh apa aja keluar dari kulkas

2gls terigu
2gls aci/sagu
Irisan daun bawang secukupnya.
2btr pth telur
Garam hls dan gula pth secukupnya.
Air es secukupnya.
Cara 
campur semua bhn aduk dg tangan sekedar nya, bila kurang lembek tambahkan air es secukupnya. Bentuk selera. Kukus selama 10menit.
Angkat siap di sajikan.
Pelengkap tahu,kol, kentang, pare semua sy kukus bunda.

Bumbu kacang
100gr kacang tanah goreng lalu di haluskan sisihkan
5siung bawang merah
5siung bawang putih
10bj cabe rawit
5bj cabe merah
(Campur jadi satu goreng lalu halus kan)
2lbr daun salam
2lbr daun jeruk purut
2bj asem kandis (boleh asem jawa.
Gula merah dan garam secukupnya
1sdt tepung maizena larutkan dengan .1/4gls air.
1sst bumbu rendang basah (sy pake ind*f*d harga 1500)
Air.secukupnya
Cara
Tumis bumbu hls tambahkan air, kacang,dan bumbu lain. Aduk sampai mendidih tambhkan maizena yg sdh di larutkan sambil terus di aduk kl terlalu kental bisa tambah air secukupnya.
Penyajian siomay bisa digoreng/ di kukus gitu aja.
Selamat mencoba.