Minggu, 14 Desember 2014

Pedesan Ayam/entog by.Dewi Martiani


Pedesan Ayam/entog
by.Dewi Martiani 

Hujan-hujan eksekusi makanan khas wong Dermayu.......pedesan ayam/entog..........bikin anget suasana bun....

Bahan:
1 ekor ayam kampung yg besar n gemuk biar mantab dipotong kecil2.

Bumbu halus : 
8-10 siung bawang merah, 
8 siung bawang putih, 
cabe rawit setan sesuai selera kalo saya lumayan banyak bisa 1/4 kilo, 
kemiri sangrai 8 buah, 
ketumbar sangrai 2 sdm, 
dua ruas kunyit, 
2 ruas laos, 
1 ruas jahe, 
2 batang sereh, 
2 sdm air asam jawa,
2 sdm kecap manis .....

pelengkap nya daun salam, daun jeruk, sereh geprek.......

Cara nya:
Tumis humbu dan pelengkap nya sampai benar2 matang dan harum lalu masukan potongan ayam jgn dikasih air dulu biarkan ayam itu mengeluarkan sir dgn sendirinya tutup panci lalu kalo sudah berair bs ditambah air panas biar empuk.setelah empuk dan air menyusut tambahkan air asam jawa.......matang deh siap disantap.


NB: 
 tambah mantab tuh maem pake ketupat bikin ketagihan..heer
penambahan air relatif saja kalo udah mendekati empuk berarti penambahan air secukupnya saja.Krn masakan ini hasil akhir kuahnya agak cemek alias kental..
klo ga byk lemak ayamnya yg laki2 bun.yg jago manteb bgt gada lemaknya..kalo babon emang berlemak...ayo pilih ayam jantan yg udah tuir ya bun..