Minggu, 14 Desember 2014

Bolkus Rainbow Singkong by.Dewi Mahdaleni


Bolkus Rainbow Singkong
by.Dewi Mahdaleni 

Bolkus Rainbow singkong punyaku lembut banget buntik, agak kenyal dan maak nyuuss gitu...
Saatnya bilang "Sempurna".
Resep dari bunda Rahayu efendi. Mksh atas inspirasinya....



Gak afdol kayaknya klo gak bagi2 resep.. Oke buntik n dia resepnya..


Bahan:;
- 1 kg singkong parut dan di peras airnya.
- 4 btr telor utuh
- 200 gr gulpas (boleh ditambah jika krg manis)
- 1 sdt sp
- vanili esen
- 100 ml minyak (boleh diganti dgn margarin)
- pewarna makanan.


Carbut :
1. Kocok telur,sp,vanili,gulpas sampe mengembang putih.
2. Stlh ngembang masukan parutan singkong yg udh di peras td sambil di aduk masukan minyak, aduk2 rata.
3. Bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata, beri pewarna sesuka hati. (aq mrh,kuning, hijau)
4. Kukus satu warna adonan slma 10mnt, kemudian kukus warna berikutnya smpe hbs. Trahir kukus lg slma 25 mnt atw smpe mtng.
5. Keluarkan adonan dr loyang tggu agak dingin. Iris2 Sajikan..
SELAMAT MENCOBA...!!
Krna aq blm punya mixer aq kocok pke kocokan tangan (whisk).


NB: -  langsung di timpa aja adonanya tp tggu 10mnt biar agak matang dulu br di timpa adonan berikutnya. Dan ini ga pake terigu loh bunda... Pure singkong.
 Ini kayak adonan mau bikin bolu bun, tp tepung terigunya di ganti singkong. Tp gak kalah enak sama bolunya...
Coba deh bunda Melly Trisna Dewi bikin yg resep ini di jamin gak keras klo ngocok telornya smpe ngembang. Malah lembut.
-Singkongnya di parut trs di peras airnya biar gak kecium bau singkongnya.. Klo SP itu pengembang+pelembut cake, bentuknya kyk butter/margarin. Nah klo BP itu bentuknya bubuk.
meres singkongnya gak keras2 amt yg pnting airnya udh trun.
-Alhmdulilah aq klo ngocok pke tangan sllu ngembang yg pnting agak lama & gk brhenti2.pegel sih emg.
, klo ngaduk pke mixer biasanya klo trigu udh mulai masuk ngaduknya pelan aja, ataw pke spatula jg bs. Yg pnting ngaduknya searah dr bwh ke atas.