Senin, 24 November 2014

Puding Buah Naga by.Tuti Yuniati Adiwirya




Puding Buah Naga
by.Tuti Yuniati Adiwirya

**Kebiasaan saya setiap menulis resep selalu terperinci , buat yg kurang sabar kelihatannya ini resep ribet banget, dan buat yang benar2 ingin bisa eksekusi puding ini tidak ada kata ribet
Bahan :
- 1 bungkus agar2 powder putih saya pakai Satelit No. 1 tekstur nya lebih padat dan tidak rembes air. Ganti merk lain jg boleh.
- 3 sdm susu bubuk dancow putih
- 2 sdm biji selasih kering rendam dg setegah gelas air hangat hingga mengembang
- 750cc.ml / 3 gelas penuh air
- gula pasir putih bersih secukupnya . Manisnya sesuaikan selera
- garam halus seujung sdt sedikiittt aja.
- pewarna pasta merk Rajawali R&W . Boleh ganti merk lain.
Eksekusi :
Campur agar2 , air, gula, garam, masak dg hingga mendidih , segera matikan kompor. Ambil agar2 yg masih bening ini 1/2 gelas kecil, sisihkan.( tdk apa2 kalau nanti beku bisa dicairkan lagi dg cara dipanaskan dg api).
Agar2 yg masih dipanci sdh dimasak tadi, campurkan dg susu, aduk rata, ambil 1 gelas kecil . Sisihkan.
Agar2 yg masih dipanci tambahkan selasih yg sdh direndam mengembang. Aduk rata hingga hangat kuku supaya biji selasihnya menyebar dan tidak mengendap naik ke permukaan. Tuang ke cetakan setengah saja jangan penuh , saya eksekusi pakai cetakan kecil ( cucing cetakan kue talam ) dan besar (mangkuk kecil diameter 3cm ) biarkan mengeras, setelah mengeras keluarkan dari cetakan . Sayat2 dg pisau supaya bisa nempel dg lapisan puding kulit. Isi cetakan yg sdh kosong tadi dg puding cair setengah cetakan lalu isi dg puding yg sdh beku tadi. masukan kulkas hingga puding mengeras. Lalu belah 4.
Puding dg cetakan kecil belah 4 jangan putus, letakkan di plastik mika bergerigi ganjal bagian bawah mika dg cetakan kue talam yg dibalik, siram dg puding bening. Biarkan mengeras. Jadi deh puding buah naga mini mekrok (bukan bolu kukus aja yg bisa mekrok , puding pun bisa )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.