Minggu, 23 November 2014

Kebab Homemade BY: Lala Purrfelline



Kebab Homemade
BY: Lala Purrfelline

Homemade Kebab 1

Bunda2, ini ya resep kebab seperti janji saya semalam. Resepnya sengaja saya bikin detail krn takutnya ada bunda2 yg belum pernah bikin tortilla, jadi biar mudah dimengerti. Resep saya bagi 2 bagian di postingan yg berbeda krn agak panjang .

Note: Foto saya ambil dari Google, krn kmrn waktu bikin saya lupa foto tortilla-nya yg belum digulung

FLOUR TORTILLA utk Kulit Kebab

Tortilla adl makanan Mexico. Di sana, orang membuatnya dari tepung gandum atau jagung. Ada juga yg dari terigu. Nah, resep di bawah ini dari terigu atau biasa disebut Flour Tortilla. Ada banyak variasi resep tortilla. Ada yg pakai susu, air hangat, atau pun mentega cair. Resep ini saya dapat dari orang Mexico. Bahan dan cara buatnya sederhana, tapi hasilnya tetap enak. Resep aslinya pakai ukuran cup. Di sini sdh saya kasih juga ukuran gram-nya biar lbh mudah buat yg tdk biasa pakai ukuran cup.

Resep ini akan menghasilkan tortilla yg lembut, dan mudah digulung. Kalau hasil akhirnya keras, berarti ada yg salah pada saat menguleni, atau saat memasaknya. Pastikan semua bahan masih dalam keadaan baik, terutama terigu dan Baking Powder. Baca dgn teliti cara memasaknya agar hasilnya seperti yg diinginkan.

Bahan Flour Tortilla:
- 3 cup (360 grm) Terigu serba guna.
- 1 sdt Garam.
- 1 sdt Baking Powder.
- 1/3 cup (80 ml) minyak zaitun (atau minyak sayur biasa).
- 1 cup (240 ml) air matang.
- Terigu tambahan utk menggiling.

Cara Membuat:
- Campur terigu, garam dam baking powder. Masukkan minyak. Aduk rata. Masukkan air, uleni hingga kalis.... TIPS: Jika adonan terlalu lengket, jangan buru2 dikasi terigu tambahan. Coba diuleni terus sampai tercampur rata. Biasanya stlh diuleni bbrp saat, adonan tidak akan lengket lagi.
- Setelah kalis (kondisi adonan tidak lengket, lembut, mulus dan elastis), diamkan adonan selama 30 menit. Jgn lupa tutup adonan dgn serbet supaya tdk kering... TIPS: Selalu tutup adonan dgn serbet. Adonan yg terekspos udara terlalu lama akan membuat kandungan air di dalamnya menguap. Ini salah satu penyebab tortilla keras.
- Stlh 30 menit, bagi adonan menjadi 12 bagian. Bentuk spt bola2, lalu taruh di dalam baskom. Tutup lagi dgn serbet.
- Panaskan teflon yg sdh dioles dgn sedikit minyak... TIPS: Minyak sedikit saja, dan cukup dioles di awal. Sesudahnya tdk perlu lagi. Ukuran teflon minimal 20 cm. Makin lebar makin enak buat manggang tortillanya. Kalau cuma punya teflon kecil, ukuran adonannya harus dikecilkan juga (misalnya dibagi 16).
- Siapkan alas utk menggiling dan gilingan (rolling pin). Ambil satu buah adonan, lalu giling tipis berbentuk lingkaran kurang lebih 20 cm. Jangan khawatir kalau belum bisa membentuk lingkaran sempurna. Agak meleyot2 juga tdk apa2. Yg penting rasanya tetap sama TIPS: Biar tdk lengket, beri alas sedikit terigu saat menggilingnya. Krn adonan ini elastis, jadi digilingnya harus bolak-balik. Giling, angkat, balik, giling, sampai adonan tipis dan lebarnya sesuai yg diinginkan.
- Letakkan adonan yg sudah digiling di atas teflon panas... TIPS: Kondisi teflon harus panas sempurna krn proses memasaknya harus cepat.
- Stlh permukaan tortilla menggelembung, diamkan bbrp detik hingga kecoklatan, lalu balik ke sisi yg lain... TIPS: Tortilla jangan dibolak-balik atau ditekan2. Cukup 1-2 kali aja.
- Sekali lagi ingat ya... Proses memasak tdk boleh lama2 krn nanti tortilla jadi kaku/garing dan tdk bisa digulung. Api yg terlalu kecil akan membuat kandungan air menguap, dan akhirnya tortilla menjadi keras. Dgn api panas, bagian luar tortilla akan cepat matang, sehingga kandungan air akan tetap terperangkap di dalamnya. Ini akan membuat tortilla tetap lembut. Lama memasak kurang lebih 1 menit utk satu lembar tortilla.
- Makin banyak/besar gelembung udara yg terbentuk saat tortilla dimasak, makin bagus hasilnya. Jangan kaget kalau selama proses memasak akan tercium sedikit bau hangus. Itu wajar kok
- Angkat tortilla yg sdh masak, dan tumpuk dalam loyang, pirex, atau wadah cekung. Tutup tortilla dgn serbet agar tetap hangat.
- Teruskan hingga semua adonan habis.

Catatan: Tortilla bisa disimpan di lemari es selama bbrp hari. Bungkus tortilla dgn plastik, lalu masukkan kulkas. Bisa juga ditaruh di freezer utk jangka waktu yg lbh lama (semingguan).

Utk resep isi kebab ada di postingan berikutnya...

Homemade Kebab 2 (Sambungan)

Pada dasarnya, isi kebab bisa kita pakai daging apa saja. Mau ayam, sapi, kambing, sosis, pepperoni, dlln. Rasa isinya pun bisa kita sesuaikan dgn selera masing2. Di sini saya pakai daging ayam...

Bahan 1 :
- Letuce secukupnya. Cuci bersih, tiriskan, lalu iris sedang2.
- Tomat secukupnya. Cuci bersih, belah, dan buang isinya (bagian biji yg basah). Potong dadu.
- Saus tomat secukupnya.
- Mayones secukupnya.

Bahan 2:
- Ayam tanpa tulang dari ½ ekor ayam, atau banyaknya ayam bisa disesuaikan dgn selera masing2. Potong ayam kotak2. Selain ayam, bisa juga pakai irisan daging sapi, kambing, dll.
- 1 buah Bawang bombai sedang. Buat yg suka bawang bombai, bisa ditambah jumlahnya, atau pun dikurangi buat yg kurang suka. Kupas bombai, dan potong dadu.
- 2 buah bawang putih, cicang halus.
- Garam secukupnya.
- Merica secukupnya.
- Kaldu bubuk jika suka (maggie/royco/dll).
- 1 sdt Garam masala... Buat yg belum tahu, bumbu ini bukan garam yg asin itu ya. Namanya saja yg mirip. Garam masala bisa dibeli di supermarket di bagian bahan2 masakan India, atau bikin sendiri. Resep garam masala versi sederhana ada di bagian bawah. Garam masalah bisa juga diganti dgn bumbu kari bubuk. Buat yg suka aroma rempah yg kuat, banyaknya garam masala/bumbu kari bisa disesuaikan dgn selera masing2.
- Minyak zaitun buat tumis. Kalau tidak ada, bisa pakai minyak goreng biasa.

Cara masak:
Tumis bawang bombai. Setelah setengah matang, masukkan cincangan bawang putih. Aduk2, lalu tambahkan garam masala/bumbu kari. Aduk hingga matang/harum, lalu masukkan ayam. Tambahkan garam, kaldu bubuk dan merica. Aduk rata hingga ayam matang, lalu cicipi sesuai selera masing2. Angkat. Sisihkan.

Catatan: Buat yg tidak suka aroma Timur Tengah, daging ayam/sapi/kambing bisa dibuat dgn rasa pilihan sendiri. Bisa rasa teriyaki, black pepper, barbeque, atau pun yg lainnya. Silahkan modifikasi sesusai selera masing2...

Bahan 3:
- 2 sdm Minyak zaitun.
- Daun ketumbar secukupnya.
- 1 sdm air lemon, atau lebih kalau suka asam.
- Garam secukupnya.
- Merica secukupnya.

Cara Bahan 3:
Cincang kasar daun ketumbar yg sdh dibersihkan. Di dalam mangkuk, masukkan minyak zaitun, perasan lemon, merica dan garam. Aduk rata. Terakhir, masukkan daun ketumbar. Aduk. Sisihkan.

Note: Kalau tidak suka daun ketumbar, seluruh Bahan 3 ini bisa dihilangkan. Namun yg pasti, daun ketumbar memberikan aroma khas tersendiri yg akan menambah citarasa kebab...

Isi tambahan:
Bagi yg suka ke Donner Kebab, pasti tahu kalau kita bisa memilih topping tambahan sendiri. Nah, kita juga bisa menambah topping sendiri buat isian kebab kita ini. Bisa keju, jamur, jagung, paprika, dll. Silahkan tambahkan sesuai selera masing-masing...

Cara menyusun kebab.
Ambil selembar tortilla. Oleskan sedikit saus tomat. Taruh irisan letuce, tomat, ayam, dan sedikit daun ketumbar memanjang di satu sisi . Tuangkan mayones secukupnya di atas tumpukan tadi. Gulung tortilla hingga seluruh isinya tertutup. Panaskan teflon dgn sedikit mentega. Panggang kebab di atas teflon hingga masing2 sisi panas. Angkat, dan siap dihidangkan dlm kondisi hangat...

Resep Garam Masala sederhana.
- 1 sdm jintan bubuk.
- 1 1/2 sdt ketumbar bubuk.
- 1 1/2 sdt kapulaga bubuk.
- 1 1/2 sdt merica bubuk.
- 1 sdt kayu manis bubuk.
- ½ sdt cengkeh bubuk.
- 1/2 sdt pala bubuk.

Cara:
- Campur semuanya, lalu taruh di dalam toples kaca agar tahan lama (kalau pakai toples plastik, baunya akan cepat hilang). Simpan di tempat yg sejuk dan kering.
- Kalau rempah2 di atas tidak punya yg bubuk, bisa dari yg biji, diulek, lalu disaring agar dapat yg halusnya. Bisa juga di-blender pakai blender yg khusus utk bumbu, lalu disaring.

Selamat mencoba