Minggu, 01 Maret 2015

Pizza Kotak by.Selvi Beq




Malem malem kutik2 dapur dan jadilaaahh PIZZA.... grin emoticon

 ketika berhasil seneng banget rasanya..


Pizza Kotak
by.Selvi Beq 


Maaf2 ibu2 manis sy lama ngetikinnya supaya step by stepnya gada yang kelewat nih..hehehe 

Pizza

Bahan : 
300 gr terigu protein sedang
150 ml air 
1 kuning telur 
7 gr ragi instan 
1 sdt garam 
2 sdm minyak goreng
25gr mentega 
1 kuning telur utk olesan pinggiran pizza

Cara : 
Campur bahan kering, tepung dan.ragi,
lubangi tengahnya masukkan kuning telur dan air sedikit demi.sedikit 
Tambahkan minyak goreng, mentega dan garam..uleni hingga kalis 

Bulatkan istirahatkan 10 menit 

Kempiskan adonan, giling adonan diatas loyang yang sudah diolesi minyak goreng supaya ga lengket..istirahatkan kembali 1 jam (2x istirahatnya ya bun)

Panaskan oven dg suhu 180c panggang adonan slama 10 menit dulu,lalu kluarkan beri topping panggang lg sampai matang (sampai pinggiran pizza berwarna kecoklatan ya)

Note : 
1. Utk dough pizza berbeda dgn adonan roti manis jd tdk perlu terigu protein tinggi 
2. Pemakaian tepung protein sedang menghasilkan tekstur lbh lembut 
3. Adonan tdk perlu seelaatis roti 
4. Ragi instan tdk.perlu direndam air.hangat 
5. Minyak zaitun menjasi ciri khas pizza.agar menhhasilkan aroma pizza yg wangi

Resep saus pizza saya bikin yg simpel aja bun..
150 gram daging sapi giling
1 bungkus saus bolognese spagetty
1/2 butir bawang bombay ukuran kecil
Saus tomat (boleh pake boleh tidak)
1sdm gula putih, (optional)
Margarine utk menumis

Cara buat saus
panaskan sdikit minyak,tumis daging giling sampai wrna berubah pucat,masukan bawang bombay yg sudah dicincang kasar,
masukan saus bolognese,aduk
Apabila dirasa kurang segar bole ditambah saus tomat (optional) karena menurut sy kurang afdol kalo ga ditambahin apa2 ,tergantung selera sih,
lalu masukan gula putih buat penyeimbang rasa jadi ga terlalu asin..
Sisihkan..

Topping
1 bungkus keju mozarela (sy pake merk kr*ft quick melt)
Smoked beef/daging berger 3lembar potong kotak2 
3 buah sosis potong potong lalu tumis sebentar,
paprika 1/2 buah potong dadu
Bawang bombay 1/2 buah potong bulat2
mayonaise
Bubuk oregano

kalo cara topping sih saya dari saus daging dulu,lalu sosis,smoked beef,bawang bombay,paprika,mayonaise,keju mozarella yg udh dipotong kcil2 atau diparut,tabur rata,trakhir bubuk oregano..