Sabtu, 28 Februari 2015

TAHWA (KEMBANG TAHU) by.Santi Hastalina



Sore bunda.. Met weekend.. kiki emoticon
Sore gini paling nikmat makan Tahwa/Kembang Tahu.. Ketagihan bikin karena jadi favorit di rumah.. Resep pertama kali liat di ARKME dari bunda 'KezzOra 'XnarimlmQ' - Januari 2015 (terima kasih resepnya bunda, senang sekali, karena aku baru tau kalau ternyata tahwa bisa dibikin sendiri), tapi komposisinya aku modifikasi sedikit karena mungkin perbedaan kekentalan susu kedelainya, resep asli pakai susu kedelai bikin sendiri, sedangkan aku pakai susu kedelai kemasan, tapi tetap nggak mengurangi kenik
matan rasanya, lembutnya, hangatnya.. Sluurrp.. kiki emoticon
Resep asli bunda 'KezzOra 'XnarimlmQ' komposisinya : 1 bks agar-agar & 1200 ml susu kedelai
**Aku pertama kali bikin setengah resep tapi menurutku masih terlalu padat, mungkin karena perbedaan kekentalan susu kedelai, jadi aku coba modifikasi komposisinya, sama resep kuah jahe aslinya tanpa serai, tapi aku tambah serai biar lebih wangi.. smile emoticon


TAHWA (KEMBANG TAHU)
by.Santi Hastalina

Bahan Tahwa :
- 0,5 bks agar-agar bubuk putih (kurleb 1,5sdt)
- 900 ml susu kedelai (aku pakai kemasan merk "Soy Master")
- 1sdm gula pasir (selera)
- sejumput garam (optional)
- Daun pandan sobek2 sedikit, ikat simpul
**Campur semua bahan, masak sampai mendidih sambil terus diaduk, cetak (nanti jadinya nggak padat kaku kayak puding, tapi lebih lembut/kunyur2)
KUAH JAHE :
- Jahe, kupas, bakar sebentar, potong2, geprek
- Serai, geprek
- Gula jawa, iris tipis
- Daun pandan sobek2 sedikit, ikat simpul
- Air secukupnya
**Campur semua bahan, masak sampai mendidih dan agak mengental
Sajikan saat panas, rasanya lembut & hangat.. Selamat mencoba bunda.. Semoga berkenan.. kiki emoticon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.