Rabu, 11 Februari 2015

ICE GEL Ala Yuyun Anwar



ICE GEL Ala Yuyun Anwar Buat Rantai Dingin-Cocok Untuk UKM yg tidak Punya Truck Refrigerator
Bingung mau kirim barang frozen ke luar kota ? takut adonan dan product mudah naik suhunya ? mau pakai dry ice dan blue ice kan mahal, gak nutup di ongkos. Yuk bikin es gel sendiri dan dibuat sendiri lebih murah, kali ini yuyun anwar memberikan tips cara praktis buat UKM yang memang belum punya fasilitas rantai dingin. Bikin nya sederhana semoga bermanfaat.
Es Gel beku (bubur beku) untuk rantai dingin : Masak 1 kg tapioka/aci/sagu dengan 5-6 liter air sampai menjadi bubur dan mengental. Angkat bubur tapioka, masukkan minimal 250 ml cuka makan. Aduk rata.dinginkan. Kemas bubur tapioka dalam plastik pe (plastik gula) dan sealing atau tutup rapat. Masukkan bubur kemasan dalam freezer.biarkan sampai beku. Bongkahan sebaiknya dibuat tipis dan rata sehingga mudah untuk pengiriman.
Fungsi es bubur/es gell ini apa saja ?
1. Bisa untuk kirim luar pulau/daerah yang jauh dengan menggunakan sterefoam box. Teman ukm bisa menggunakan 20% es gell yang dikemas bersamaan dengan produk frozen kita misal risol, bakso,pastel,lauk beku dst.
2.Bisa untuk mempertahankan suhu chill produk pada saat berjualan ngelapak/kaki lima ketika tidak ada fasilitas kulkas. Nah saat jualan di kaki lima bisa menggunakan es gel ini sebagai kulkas berjalan jadi produk tidak mudah beku.cocok yg jualan salad, makanan beku keliling, ayam goreng, ikan bakar. Hmmm pokoknya mirip kulkas berjalan tanpa listrik.
3. Eh es gel bisa dibekukan ulang ya dan digunakan berkali kali.
Selamat berbisnis dengan mudah. Sebarkan info ini buat UKM Makanan seluruh Indonesia.