Jumat, 30 Januari 2015

Kuih Sarang Semut by. Nurul Khairany



Kuih Sarang Semut
by. Nurul Khairany

Assalamualaikum, selamat siang bunda-bunda.. saya mau ikutan sharing
Karna melihat bunda Lilis Mulyati sharing tentang kuih-muih dari negeri jiran.. kebetulan ini resep saya suka pakai untuk ngelengkapin isi toples kalau udah mau hari raya, ga tau kenapa saya lebih seneng aja sama cookies dari sana seperti chocolate cornflakes macaroon, honey cornflakes, biskut bunga china aka dahlia, rose tart, tentunya my fav tart nenas dan almond florentine.. ketagihan apa karna ada factor keluarga disana ya, hhi ga tau juga ya.. kiki emoticon *kok malah jadi curcol begini ya bun, ok ini saya tuliskan resepnya sekalian tak lupa saya sertakan link ke sumber acuan saya kalau buat cookies ini, happy baking bunda kiki emoticon
Bahan-bahan..
250gr mentega (2,5 ons)
100gr gula halus (1 ons) atau gula pasir diblender..
350gr terigu protein rendah.. mis: Kunci Biru, (3,5 ons)
100gr maizena (1 ons)
1 kuning telur
1sdt vanilla essence
Hiasan:
coklat rice/coklat meses (coklat/warna-warni, sesuai selera saja)
Sprinkles (optional)
Paper cup warna warni (seadanya aja)
1. Ayak dan sisihkan tepung terigu dan maizena
2. Mixer mentega dan gula sampai tercampur rata, tidak usah lama2
3. Masukkan telur dan vanilla
4. Masukkan tepung, gaul rata hingga dough lembut, bentuk bulat2 sebesar bola tenis dan masukkan kedalam kulkas selama 15 menit
5. Parut dengan parutan keju, sendokkan kedalam paper cup.
6. Taburkan coklat rice atau sprinkles, lalu panggang selama 15-20 menit dengan suhu 170c.
# tujuan dimasukin ke kulkas sebentar agar ketika diparut adonan tidak terlalu lembek
# marutnya dalam wadah dulu ya bunda, jangan langsung sekaligus semua diparut.. sedikit2 aja dulu biar ga patah2 karna bakal disendokin ke paper cup
# kalau saya nyendokin ke papercup nya pakai garpu, soalnya kalau pakai sendok akan patah2 jadi kurang cantik
# kalau untuk papercup warna warni bisa dibeli di TBK ya bunda-bunda smile emoticon
# satu lagi, enaknya kalau ngerjain ini dibantuin sama anak2 atau kalau yg belum berkeluarga seperti saya ini sama adik2 ngerjainnya, seru bunda rame2 jadi cepat selesainya dan sekalian quality time sama keluarga kiki emoticon
sekian dari saya, selamat mencoba