Jumat, 30 Januari 2015

Dahlia/Semprit by.Lilis Mulyati





Masih edisi "best seller " ...
Anda semua masih suka ga dengan kue tradisional ini ???
Walaupun boleh menggunakan bahan2 yg sama tapi namanya berbeda..
## Dahlia
## Petals daisy..



Dahlia/Semprit 
by.Lilis Mulyati 


225 gr mentega
110 gr gula halus

1 btr kuning telur
1/2 sdt esen vanilla
*70 gr tepung jagung
*120 gr tepung custard
* 170 gr tepung terigu


(*) campur dan ayak
cherry merah / sukade secukupnya.
Kocok mentega dan gula sebentar,asal tercampur rata.masukan telur dan vanilla, kocok sebentar.
Masukan bahan ayak,aduk dan uli hingga adonan lembut.
Semprotkan dgn cetakan diatas loyang, beri cherry, panggang 170 darjah selama 15-18 menit.

** untuk Petals Daisy,adonan hijau diberi sedikit esen pandan dan pewarna hijau.


NB:
adonannya kayak nastar .. nyemprotnya ga usah pake plastik, tekan aja pake jari atau beli cetakannya yg tinggal dorong..
Klo mau campur margarine jg boleh .. mau margarine sepenuhnya pun boleh 
Kalo buat adonan kue kering gak boleh terlalu lama di aduk nanti jadi kembang melebar.
- Panggangnya pakai api atas bawah.
untuk dahlia/semprit traditional adonan itu harusnya lembut tapi tidak lengket,nanti hasilnya kue lumer dimulut..
klo pake plastik emang susah, plastik dipake untuk adonan yg ga bisa dipengang tangan ( lengket)
Ini cetakan yg biasa sy pake untuk dahlia/semprit

Yg ini sy pake untuk petals daisy .. yg 2 untuk bunga yg 1 untuk yg warna hijau

=====================================================
Lee Yan Ai:
 Bun, uda jadi nih.. gak terlalu rapuh bun tapi lumer dimulut.. aku pakai margarin dan mentega 90:10 jadi renyah gitu bun dan pas dipanggang meleber hihi. Aku tambah susu bubuk juga. Bunda, makasih banyak ya resep nya .