Selasa, 27 Januari 2015

Apam Selon postingan: Umi Annisa Sholehah



Apam Selon
postingan: Umi Annisa Sholehah

Kemarin dapat tantangan dari ummi saya,ummi bilang belum bisa menaklukkan apam yang berenda(ummi saya bilang pinggirannya itu renda).
lalu saya bilang saya akan mencobanya,,
dan alhamdulillah hasilnya memuaskan rasanya juga enak,resep saya ambil dari blognya Mbak Ita,Griya Dapur Khayangan,yang mau resep sabar ya bun,, saya salinkan dulu,,:)
 — feeling excited.


Apam selon (ceylon)
by:Mbak Ita Griya Dapir Khayangan

Bahan Biang:
1/2 sdm ragi instant
1sdm tepung terigu
1sdm gula pasir
200 ml air kelapa
Campur semua bahan diamkan 15mnt

Bahan Adonan:
250gr tepung beras
175gr gula pasir (saya pakai 125gr saja)
350 ml santan kental
2lbr daun pandan(saya gk pake)
1btr telur
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
1. Rebus santan bersama daun pandan dan garam hg pinggirnya berbusa(akan mendidih kecilkan apinya setelah santan agak naik matikan api(jangan diaduk)
2.Siapkan wadah besar , masukkan tepung beras, gula, telur,garam halus,uleni sambil dituangi santan yg sudah hangat sedikit demi sedikit hingga gula larut.
3. Masukkan adonan biang yg sdh berbuih sambil adonan dikeplok keplok,diangkat/ditarik tarik hingga halus. Tutup adonan dengan serbet/tutup panci,diamkan selama satu jam.
4.Siapkan wajan untuk apam selon/untuk buat serabi,sebaiknya yang anti lengket.
Panaskan cetakan setelah panas,aduk aduk adonan agar tdk ada endapan dan gasnya hilang,tuang adonan kedalam cetakan menggunakan sendok sayur tekan sendok sayur memutar sehingga membentuk pinggiran lalu tutup hingga tepi adonan kecoklatan dan bagian tengah matang sempurna.
5.Sisir bagian tepinya dengan sendok kayu secara hati hati agar pinggiran tidak robek.
Angkat ! Dinginkan,,
NB:Sendok kayu dipakai agar tidak menggores lapisan teflon pada wajan/cetakan apam.
bisa juga pakai cetakan untuk martbak manis mini bun, cuma hasilnya jadi kecil bun gk bisa kyk di gmbar

Selamat Mencoba...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.